Senin, 06 April 2009

Gempa berkekuatan 6.3 skala Richter mengguncang Italia


italy-1

Gempa berkekuatan 6.3 skala richter mengguncang Italia tengah pada hari senin, mengakibatkan kerusakan serius terhadap rumah-rumah dan bangunan di kawasan pegunungan sebelah timur Roma, Italia.

Setidaknya 30 orang tewas, 5 diantaranya anak-anak, namun korban tewas masih dapat bertambah lagi, karena pencarian korban yang terjebak didalam reruntuhan bangunan masih terus dilakukan.

Gempa dengan kekuatan 6.3 skala richter tersebut menggoyang kota L’Aquila, 95 km arah timur laut Roma pada jam 03.30 (01.30 GMT). Pihak pemerintah melaporkan bahwa setidaknya 3000 dari 10000 bangunan kuno mungkin hancur.

Hal ini berarti kita harus membantu beberapa ribu orang selama beberapa minggu atau bulan ke depan, kata  Agostino Miozzo kepada  Sky Italia.

"Sasaran utama kami adalah untuk memberikan peneduh kepada semua korban untuk malam nanti"

Asrama mahasiswa, gereja gereja dan menara bel dipercaya merupakan beberapa bangunan yang turut runtuh.

Penduduk dan sukarelawan tampak bahu membahu membersihkan puing-puing sisa reruntuhan bangunan. Mereka masih berupaya untuk mencari korban yang terjebak didalam bangunan.

Beberapa korban yang selamat, beberapa diantaranya masih mengenakan pakaian tidur, berpelukan haru sembari terus menunggu kabar keluarga lainnya yang selamat dalam bencana ini.

Sementara itu kantor berita Italia ANSA melaporkan bahwa ratusan orang menunggu giliran untuk diobati di rumah sakit umum kota tersebut, dimana dokter terpaksa harus merawat pasien di lapangan terbuka karena hanya satu ruang operasi yang dapat difungsikan.

Berikut ini adalah gambar-gambar kerusakan akibat gempa tersebutitaly-1 italy-2 italy-3 italy-4  italy-6 italy-7 italy-8

Ini adalah peta sumber pusat gempa

italy-earthquake-2009-1 

Sumber informasi:

http://topteninfo.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar