Rabu, 28 Oktober 2009

Menambah Kosakata bahasa Inggris; Siap menghadapi Test TOEFL, GMAT…


Saat ini Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi para pelajar. Nggak bisa bahasa Inggris, berarti akan ketinggalan informasi. Di beberapa perguruan tinggi, bahkan, bahasa Inggris dengan standar TOEFL telah menjadi syarat kelulusan maupun pendaftaran. Mahasiswa betul-betul tidak bisa lulus hanya karena test TOEFLnya tidak mencapai angka minimal. Tentu saja hal ini perlu dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Untuk membantu anda memahami bahasa Inggris, berikut ini saya tampilkan  beberapa peralatan yang dapat membantu anda meningkatkan TOEFL

1. KAMUS

Kamus Inggris Indonesia tentu saja merupakan pegangan yang wajib bagi pembelajar, baik pemula maupun yang sudah mahir. Bagaimanapun juga, tidak mungkin kita hafal dengan semua kata dalam kamus. Selain itu kamus juga bisa digunakan untuk mencari padanan kata. Beberapa kamus yang ada dapat digunakan, diantaranya :

Kamus Lingvosoft Indonesia – Inggris  (lihat detail disini)

Kamus Inggris – Indonesia Indra Mega

Kamus kecil dalam format chm ini tidak perlu anda install, cukup double klik dan anda dapat segera mencari padanan kata-kata bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Kosakatanya sangat terbatas, namun cukup banyak untuk digunakan oleh pemula.

Kamus 2.04

Kamus versi Ebta Setiawan ini lumayan lengkap. Kosakatanya  yang  bahasa Inggris, 35.524 kosakata bahasa Indonesia dan 64.989 frasa. Kita juga bisa menambah kosakata baru ke dalam database kamus. Tampilannya juga bisa kita ganti-ganti, jadi kita nggak bosan liat kamusnya. Screen Shot kamus seperti gambar disamping ini. Bukan lagi 1 kata 1 arti, tapi sudah diperbaiki menjadi beberapa arti, termasuk jenis katanya (kata benda, sifat maupun keterangan

Stardict

Stardict adalah software kamus multi bahasa. Kita dapat menambah sendiri kosakata yang terdapat didalamnya dengan mudah, yaitu tinggal copy paste saja ke dalam file dengan format yang telah ditentukan. Dengan demikian, software ini mampu bertindak sebagai kamus sembarang bahasa, tinggal terserah kita bahasa apa yang diinginkan.

Minimal ada 2 installer yang diperlukan untuk software ini, yaitu sofware master dan database kosakatanya. Anda dapat mendownload yang diperlukan saja

Software Masternya dapat diunduh disini

Sedangkan file dictionary-nya disediakan disini

1. dictionary Indonesia to English
2. dictionary English to Indonesia
3. dictionary Japanese to English
4. dictionary English to Japanese
5. dictionary English to France
6. dictionary France to English
7. dictionary English to Italy
8. dictionary Italy to English
9. dictionary German to English
10. Oxford Advanced Learner’s Dictionary

Selain itu Stardict tersedia juga dalam versi PORTABEL, sehingga dapat anda letakkan dalam flash disk. Installernya disini

INDODIC

Kamus Indodic versi offline ini merupakan pilihan lain software kamus. Pada awalnya indodic hanya menyediakan versi online saja. Saat ini sudah dalam versi 1.2, mempunyai kosakata 50,000 lebih. Sumber terjemahan adalah kamus True Alpha yang sudah beredar di toko-toko buku.

Keunggulan :

  • Berisikan lebih dari 50.000 kata dan frase ( sama seperti versi IndoDic Online )
  • Sebuah “Window bacaan” mempunyai keunggulan yang memberikan terjemahan cepat dengan hanya menggerakkan mouse di atas sebuah kata. Ini membantu orang untuk mengerti dan menulis terjemahan teks secara cepat.
  • Suatu keunggulan untuk memeriksa ejaan secara otomatis dan menganjurkan kata-kata yang betul atau memeriksa semua dokumen.
  • Bisa digubah ke pop-up dan menunjukkan terjemahan cepat dari program luar seperti Web browser atau teks editor dengan hanya mendobel klik pada sebuah kata atau dengan mengkopi teks ke “Windows Clipboard”.
  • Suatu keunggulan “text-to-speech” untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris.
  • Menunjukkan famili kata, relasi kata, dan penggunaan informasi untuk kata-kata bahasa Inggris dan Indonesia.
  • Mempunyai sebuah “contoh penggunaan” keunggulan untuk melihat bagaimana kata-kata (atau kata apa saja di dalam famili kata) digunakan di dalam kalimat atau frase.

Download dan install Indodic disini

*********************************************************************************************************************

2. SOFTWARE

Software sangat membantu anda dalam mendalami maupun melatih dan memperbanyak kosakata. Selain itu software yang dilengkapi dengan audio dapat membantu kita memperkuat kemampuan LISTENING. Banyak software yang bagus tersedia di Toko-toko buku maupun CD, karena biasanya ukuran software seperti ini sekitar 1 CD full, sehingga jarang tersedia untuk download.

Berikut ini adalah software yang dapat digunakan untuk memperbanyak kosakata anda, yaitu VOCABOLY. Sesuai dengan namanya, vocaboly dilengkapi dengan banyak kata-kata sulit, yang mungkin baru pertama kali anda dengar. Sayang sekali tidak ada versi bahasa Indonesianya, karena baik kata-kata maupun penjelasannya didalam bahasa inggris.

Kata-kata yang sering muncul didalam test TOEFL, GMAT, GRE, SAT dimunculkan dalam penjelasan, contoh kalimat maupun game yang membantu kita untuk mengingat dan mempelajarinya. Selain itu dilengkapi juga dengan cara pengucapan, walaupun agak kaku karena suaranya berasal dari sofware namun cukup membantu. Jumlah kata-kata yang tersedia sekitar 12,000 kata.

Untuk mendownload Vocaboly, silahkan gunakan tautan berikut ini

*********************************************************************************************************************

3. Ebooks

Tentu saja, selain program diatas, anda memerlukan lagi satu pendamping belajar, yaitu buku. Karena bagaimanapun juga kita lebih terbiasa belajar menggunakan buku dibandingkan dengan media lain. Apalagi buku yang cetakan tentunya lebih mudah dibawa kemana-mana, tidak menyebabkan lelah dimata dan dapat dibuka kapan saja. Kelemahannya tentu saja, berat dan mahal. Ebook dapat menjadi solusi untuk anda. Berikut ini adalah beberapa ebook yang dapat menjadi sarana latihan anda sebelum test sebenarnya dilakukan

Buku TOEFL SECRETS ini walaupun sampulnya sederhana, namun berisi trik-trik pengerjaan toefl yang cukup lengkap. Ada 4 rahasia utama agar berhasil melewati Test TOEFL yang meliputi manajemen waktu, cara menerka jawaban serupa, tips berlatih berikut beberapa latihan soal, dan tips-tips lain yang penting.  Dikupas juga 4 bagian penting dari test TOEFL yaitu, LISTENING, READING, WRITING DAN STRUCTURE. Pada bagian akhir ditambahkan penjelasan  untuk memahami skor TOEFL anda. Download disini

Buku setebal 687 halaman ini membahas secara tuntas 4 bagian Test Toefl, yang masing-masing bagian dilengkapi dengan ketrampilan yang harus dipunyai peserta Test. Pada bagian akhir diberikan juga contoh simulasi test TOEFL dan beberapa tambahan berupa :

  1. Persamaan bunyi
  2. Idioms
  3. Preposisi
  4. Verb 2 dan 3 bagian
  5. Bentuk – bentuk verb irregular
  6. dan masih banyak lagi..

Dilengkapi pula lembar interpretasi hasil test, serta kunci jawaban latihan.

Download disini

Buku setebal 449 halaman ini membahas sisi-sisi yang lebih teknis tentang TEST TOEFL. Dimulai dengan penjelasan apakah itu test TOEFL, serta beberapa tanya jawab, selanjutnya analisis mendalam tentang 4 bagian test TOEFL, yang dilanjutkan dengan REVIEW yang lebih detil terhadap masing masing bagian test. Disini dibahas jawaban dari bagian test diatas dilengkapi dengan alasannya. Struktur kalimat dibahas secara lengkap.

Setelah mengetahui teori dasar test TOEFL, selanjutnya pembaca diajak untuk latihan TEST TOEFL. Seharusnya buku ini dilengkapi dengan CD latihannya, namun saya tidak menemukan linknya. Tetapi menurut saya, hanya bagian listening yang sangat memerlukan CD tersebut, lainnya tidak terlalu diperlukan.

Download disini

UNTUK LIST BUKU-BUKU BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG LEBIH LENGKAP, SILAHKAN LIHAT DISINI

1 comments:

A'Anton on 26 Januari 2010 pukul 19.39 mengatakan...

Saya sangat terbantu dengan posting Anda. Terima kasih atas informasinya

Posting Komentar